COLIC - NIGHTMARE PARA IBU

COLIC - MIMPI BURUK PARA IBU

Moms, pernah gak ngalamin bayi nangis terus-terusan, bukan lapar, bukan poop di popok, ataupun popok basah, pokoknya nangis terus sampai semua dibuat kelabakan. Para ibu terutama new moms pasti galau banget deh. Apa sih yang salah dengan bayi-ku tersayang? :(

Si bayi nangis terus... padahal popok-nya kering...

Colic/Kolik, pernah denger? Ini kondisi dimana bayi dalam kondisi sehat, namun terus menangis dan susah dikendalikan. Colic biasanya terjadi pada bayi baru lahir berumur 2 minggu sampai kurang dari 5 bulan. Si bayi bisa terus menangis selama berjam-jam di waktu tertentu setiap hari.

Ciri-ciri bayi Colic: 

  1. Lututnya ditarik ke perut.
  2. Seperti orang menggeram
  3. Tangan dikepal 
  4. Muka merah 
  5. Mengejangkan (melengkungkan) badannya 
Penyebab Colic pada bayi belum diketahui jelas, namun kebanyakan ahli medis menduga ini dikarenakan sakit perut (masalah pencernaan di usus bayi, misalnya banyak gas). Kondisi ini normal dan biasa terjadi, bukan berarti ada hal buruk pada kesehatannya. Tapi jelas ini membuat para ibu galau, bingung, sedih dan bertanya-tanya ada apa gerangan?

Bayi-ku juga dulu pernah Colic

Pengalaman pribadi aku sendiri, bayiku mengalami colic. Aku sebenernya saat itu belum tau namanya colic/kolik. Waktu itu umur bayiku 3 minggu dan tiba-tiba saja tiap tengah malam dia menangis terus sampai subuh. Semua udah aku lakuin, ganti popok, kasih susu formula dan ASI, usapin minyak telon, aku gendong, timang-timang. Segala macam cara sudah kucoba tapi bayi-ku gak mau stop nangis...

Aku sempat yakin dia sakit perut, sampai aku pakai cara tradisional. Aku pakein bawang merah yang dicampur minyak kayu putih, lalu aku usap-usapin ke perutnya. Dan hasilnya? Tetap aja bayi-ku nangis...

Kebayang kan stress-nya? Aku dan suami gantian ayun dan timang-timang dia sampai subuh. Yang ini aku percaya bisa agak menenangkan si bayi. Lalu pada akhirnya dia kecapean dan baru nyenyak tidur sekitar jam 4 subuh. Itu terjadi cukup lama loh aku lupa berapa minggu. Jadi kerjaan aku dan suami tiap tengah malam ya begitu... huhuhu. Sedih dan galau deh, saat liat dia nangis terus... aku mikirin terus, sakit apa yah bayi-ku sampai begini? Sampai kita googling dan tau soal dugaan masalah gas. (Ini biasa terjadi sama bayi yang minum susu dari botol, walaupun aku sering denger juga yang langsung "Nen" juga bisa kolik). Lalu pada akhirnya kita ganti botol susunya dan... voila! Bye-bye kolik (udah kayak iklan yah hihihi)

Mau tau gak botol susu apa yang menyelamatkan tidurku dan si bayi? Itu dibahas di post berikutnya yah, bisa dibaca di post aku yang judulnya: Memilih botol susu bayi... see yah! ^_^



Komentar