Membersihkan lidah si bayi

Pentingnya membersihkan lidah bayi

Hai hai... Banyak sekali ibu yang pusing soal A sampai Z soal urusan bayi, mulai dari perlengkapan bayi, gendongan, merek susu formula, dsb nya. Tapi jangan sampai lupa perhatikan kebersihan si dede bayi juga.

Bicara soal kebersihan bayi, biasanya para ibu paling memperhatikan kebiasaan seperti mandi, mengganti popok bayi atau pakaian saat terkena kotoran. Kebersihan tubuh yang jelas terlihat lebih gampang diperhatikan, tapi ibu suka lupa menjaga kebersihan mulut si bayi.

Kalau orang dewasa wajib menyikat gigi minimal satu kali dalam sehari. Bagaimana dengan si bayi yang belum tumbuh gigi?

Popok sudah diganti, tapi lidah si bayi juga perlu dibersihkan
Kebersihan lidah si bayi sering diterlantarkan

Berhubung si bayi belum ada gigi, kita harus perhatikan kebersihan lidah-nya. Selain kita memang harus mengajarkan si bayi kebersihan mulut sejak dini, ini juga menyangkut masalah kesehatan si bayi. Apalagi kalau yang bayi nya minum susu formula.. Coba lihat deh lidah si bayi suka ada putih-putih gak... Kalau kelamaan gak dibersihkan, bisa jadi jamur nanti, bahaya kan Moms...

Nah ini pengalaman pribadi aku sendiri yah, tips untuk membersihkan lidah bayi:

1. Selalu berikan air putih setelah bayi minum susu formula. 

Kalo si bayi minum sufor, sangat baik bagi dia untuk minum air putih setelah minum susu. Minum air putih berguna banget untuk membilas lidah dan mulut si bayi. Selain itu, hal ini juga mengajarkan si bayi untuk berkumur sejak dini.

2. Gunakan kasa steril.

Di pasaran memang sudah banyak alat khusus yang dijual untuk membersihkan lidah bayi, tapi kalau aku pribadi lebih suka pakai kain kasa steril yah... jadi kasanya ini aku lilit di jari kelingking dan aku basahin pakai air mineral. Nah aku sikat deh lidah si bayi, pelan-pelan yah Moms... Biasanya si bayi bakal nangis, tapi kalau udah terbiasa sih nggak nangis lagi kok..

Gampang banget kan Moms... Jadi gimana, tidak kalah penting-nya kan dengan mengganti popok si bayi? Bayi yang terbiasa berkumur dan disikat lidahnya sejak usia dini, akan terbiasa juga dengan berkumur dan menyikat gigi saat bertumbuh nanti.

Komentar