Memilih botol susu bayi (penyelamat kolik)

Memilih botol susu bayi (penyelamat kolik)

Hai Moms, ini sesuai janji aku di post sebelumnya yang membahas kolik, kali ini aku mau cerita soal botol susu bayi yang bisa menjadi solusi kolik.

Pilih botol susu bayi... yang mana?
Pilih botol susu bayi... yang mana?

Oke, sedikit background buat yang baru baca, bayi-ku selalu minum dari botol. Baik susu formula, maupun ASI (biasanya ASI dikumpulkan ke dalam botol, masuk kulkas, dan dihangatkan saat mau dikasih ke si bayi). Kenapa harus begini? Karena ASI-ku sedikit, dan ada masalah inverted nipple.

Pada awalnya, botol yang aku pakai adalah botol yang standar pada umumnya yaitu botol pigeon standard neck. Botol susu bayi ini kupilih sesuai rekomendasi beberapa orang. Mereka bilang botol susu bayi merek Pigeon udah cukup oke, jadi udah aku beli dari sebelum lahiran.

Aku beli yang ukuran 120ml. Walaupun biasa awal bayi baru lahir minum susu-nya cuma 30-40ml, kalau beli yang 60 ml takut cepat gak terpakai. Kalau 120 ml kan lumayan yah hehe.. Awal pakai sih oke yah gak ada masalah. Ohya ada lagi yang aku pakai produk Little Baby standard neck, ini dikasih hadiah sama temenku. Ini aku pakainya gantian aja yah, keduanya menurutku secara fungsi sama dan bagus. Overall cukup puas sebelum ada drama hehehe.

Lalu... jrengjreng... drama kolik pun dimulai. Bolak-balik aku cek popok dan intip diaper si bayi, aku pikir pasti poop dan si bayi nga betah popok-nya kotor, tapi ternyata bukan. Tiap malam nangis kejer terus menerus. Setelah baca-baca memang katanya normal dan baru terjadi saat si bayi berumur 2 minggu. Selain sibuk googling cari info, aku tanya temen-temen yang udah duluan punya bayi. Ada satu temenku bilang mungkin karena udara gelembung dalam botol, yang tertelan bersama susu, dan menyebabkan gas berlebih di lambung si bayi. Temanku menyarankan aku untuk coba pakai botol susu bayi merek Dr Brown.

Merk botol susu bayi ini memang klaimnya untuk anti kolik ya Moms. Jadi yaudah besoknya langsung aku beli online dikirim pakai Gojek. Untung ada Gojek yah ini membantu banget loh buat mami yang sibuk banget urus bayi, gak ada waktu buat keluar rumah (thanks bang Gojek) hehehe...

Jadi botol Dr Brown ini emang agak beda dari botol pada umumnya ya, dia ada kayak tube gitu di dalamnya, yang istilahnya internal vent. Fungsi internal vent ini adalah untuk mengurangi gelembung dengan memisahkan udara dari susu di dalam botol. Hari itu seharian langsung ganti pakai botol Dr Brown dan menurut pengalamanku pribadi sih ini terbukti loh. Si bayi gak nangis terus menerus lagi, jadi lebih tenang. Dari situ aku beli lagi beberapa botol Dr Brown dan sejak pakai itu sih uda gak ada lagi drama kolik.

Yeyyyy seneng banget kan Moms... hihi. Emang sih botol susu bayi ini lumayan banyak komponen-nya, and tube nya itu mesti dibersihkan pake sikat kecil khusus. Jadi jelas lebih repot proses cuci dan steril-nya, tapi apa artinya repot itu demi bayi tenang dan ibu senang hihihi. Thanks Dr Brown! Ohya botol Dr Brown ini juga merupakan rekomendasi para dokter loh. Jadi buat Mommy yang lagi dilanda drama kolik, boleh banget cobain merk botol susu bayi ini yah. Semoga berhasil, Good luck!!

Komentar